Written By Apep Wahyudin on Thursday 15 January 2015 | 19:39

Pengenalan Ajax

Assalamu'alaikum
Salam Syntax !!!

Setelah beberaa hari lalu saya sempat membuat artikel tentang Pengenalan Ajax Bagisan 1, kali ini saya akan melanjutkan artikel tersebut. Tentu saja pengenalan ajax ini tidak akan berakhir sampai bagian 2 saja, masih banyak yang akan saya sampaikan mengenai ajax di bagian selanjutnya.

Selamat membaca :

XMLHttpRequest
Objek pertama yang harus anda mengerti adalah XMLHttpRequest, mungkin bagi anda terdengar sesuatu yang baru. Ini adalah objek javascript dan membuatnya sederhana seperti ditunjukkan di kode 1 di bawah ini :
<script language="javascript" type="text/javascript"> 
var xmlHttp = new XMLHttpRequest(); 
</script>

Untuk mendapatkan dan mengirim data dari/ke suatu database atau file di server menggunakan javascript tradisional, maka anda harus membuat HTML Form. Dan user harus mengklik tombol “submit” untuk mengirim/mendapatkan informasi, menunggu respon dari server, kemudian halaman yang baru berupa hasilnya akan di-load. Karena server selalu memberikan halaman baru setiap user tekan tombol submit, aplikasi web sederhana akan berjalan lambat dan akan kurang user-friendly.
Pengenalan Ajax

Dengan Ajax, javascript akan berkomunikasi secara langsung dengan server melalui objek javascript yaitu XMLHttpRequest tersebut.

Dengan objek XMLHttpRequest, suatu halaman web dapat membuat request ke, dan mendapatkan respon dari server web tanpa me-reload halaman secara keseluruhan. User akan selalu tetap dengan halaman yang sama. Bahkan user tidak akan tahu kalau ada data yang dikirim dan diterima dari server, karena javascript melakukan transaksi data di balik layar. 

Bagusnya lagi permintaan dikirim asynchronous, yang berarti bahwa kode JavaScript (dan pengguna) tidak menunggu pada server untuk merespon. Sehingga pengguna dapat terus memasukkan data, bergulir sekitar, dan menggunakan aplikasi.

Kode JavaScript bahkan bisa mendapatkan data, melakukan perhitungan, dan mengirim permintaan lain, semua tanpa campur tangan pengguna! Ini adalah kekuatan dari XMLHttpRequest. Hal ini dapat bicara bolak-balik dengan server semua yang diinginkan, tanpa pernah tahu pengguna tentang apa yang sebenarnya terjadi. Hasilnya adalah, dinamis responsif, pengalaman yang sangat interaktif seperti aplikasi desktop, tapi dengan semua kekuatan Internet di belakangnya.

Objek XMLHttpRequest disupport hampir semua browser (Internet Explorer, Firefox, Chrome, Opera, dan Safari).

Untuk membuat objek XMLHttpRequest supaya bisa didukung oleh beberapa browser adalah sebagai berikut :


if (window.XMLHttpRequest)   {   // kode untuk IE7+, Firefox, Chrome, Opera, Safari  
return new XMLHttpRequest();  
}
if (window.ActiveXObject)   {   // kode untuk IE6, IE5  
return new ActiveXObject("Microsoft.XMLHTTP"); 
 } 
Oke itulah bagian kedua Pengenalan Ajax yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya.
Salam Syntax !!!
Wassalamu'alaikum

G+

0 komentar:

Post a Comment

Copyright Long Scripts © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM ,
Powered By Blogger
DMCA.com Protection Status
TopBlogIndonesia.com