Written By Apep Wahyudin on Tuesday 10 February 2015 | 17:19

Assalamau'alaikum
Salam syntax broo
Beberapa waktu yang lalu, teman saya meminta bantuan untuk membuat sebuah buku tamu multi user. Logikanya seperti ini :
Jika user belum login, user perlu mengisi nama, email dan komentar. Sedangkan jika user sudah login, user hanya perlu mengisi komentar. Untuk nama dan email akan mengisi secara otomatis.

Pertama, saya memmbuat tabel "buku_tamu" dengan struktur sebagai berikut : (klik gambar untuk memperbesar)
 Setelah itu saya membuat tabel user dengan struktur yang sederhana :

Untuk halaman buku tamunya, saya tambahkan syntax IF. Jika user belum login, maka user akan disuguhi form yang mengharuskan user untuk mengisi nama, email dan komentar. Sedangkan jika user sudah login, user hanya perlu mengisi komentar.

Pada syntax insert, saya masih menggunakan syntax IF. Nama, email dan komentar akan diisi manual jika user belum login, dan id_user akan diisi dengan angka 0 (nol). Jika sudah login, yang diisi hanya komentar dan id_user disesuaikan dengan data loginnya.

Syntax IF masih saya gunakan saat membuat tampilan buku tamunya. Nama, email dan komentar diambil dari tabel buku_tamu jika user belum log in. Sebaliknya, yang diambil hanya komentar dan id_user yang diambil jika user sudah log in.

Itulah analisis dari sebuah program sederhana bernama "Buku Tamu Multi User". Jika anda bingung, Saya sudah buatkan file yang sudah jadi. silahkan download saja :D
Passwordnya :  :

DOWNLOAD

G+

2 Komentar untuk "Buku Tamu Multi User"

  1. terima kasih buku tamunya,,, saya cari dari kemarin baru bisa mampir di sini...
    trims agan... :)

    ReplyDelete

Copyright Long Scripts © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM ,
Powered By Blogger
DMCA.com Protection Status
TopBlogIndonesia.com