Written By Apep Wahyudin on Tuesday 28 July 2015 | 06:41

WPAP merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait. Sebagaimana singkatannya, aliran pop art ini dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid (lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 10 Maret 1951). Menurut wikipedia, pengertian WPAP sendiri adalah "suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling-silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Dimensi dari gambar yang di-trace (gambar ulang dengan acuan) tidak berubah, sehingga penampakan akhir dari objek yang di transformasi jelas dan menyerupai aslinya sehingga mudah dikenali."

Sejarah Singkat WPAP

Pada tahun 1990-1991, pak wedha merasa kebingungan dalam melukis objek manusia. Menurut Wedha, gambar sosok manusia realis mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi di tambah dengan faktor memilih, mencampur warna menjadi hal yang menyulitkan. Kemiripan warna kulit manusia, kehalusan goresan, menjadi sesuatu yang mahal bagi Wedha.

Dari kegalauan itulah, pak wedha mulai memikirkan cara melukis wajah manusia dengan cara yang lebih mudah. Ia mulai berimajinasi dengan titik, garis dan bidang. Pak wedha mulai berpikir bahwa wajah manusia bisa diwakili oleh kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis imajiner.
Wedha Abdul Rasyid

Berikut ini adalah beberapa karya pak wedha yang dibuat secara manual

Di masa sekarang, aliran seni wpap sudah dikenal oleh dunia internasional. Banyak desainer grafis yang menggunakan aliran ini. Dalam prosesnya, wpap sudah banyak dibuat dengan photoshop, corel maupun adobe illustrator. Baru-baru ini WPAP digunakan sebagai tema utama dalam poster Konferensi Asia Afrika 2015 di Bandung Jawa Barat

Contoh WPAP modern :




G+

0 komentar:

Post a Comment

Copyright Long Scripts © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM ,
Powered By Blogger
DMCA.com Protection Status
TopBlogIndonesia.com