Written By Apep Wahyudin on Tuesday 24 February 2015 | 08:35

Assalamu'alaikum
Salam Syntax !!!
Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang "ALAT PERANG". Eits tunggu dulu, alat perang disini saya asumsikan sebagai software yang diperlukan dan biasa digunakan para programer saat membuat sebuah web (software wajib programer web). Oke langsung saja kita bahas satu per satu.
Software wajib web developer

1. IDE
Software yang satu ini hukumnya WAJIB anda install di computer anda. Apa itu IDE? IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment. Kalau bahasa kasarnya sih "Aplikasi buat ngoding". Kalau nggak ada tempat ngoding, mau ngoding dimana?

Ada banyak sekali IDE yang biasa dipakai untuk membuat sebuah web. Mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar walaupun sering dicrack biar gratisan :v

Berikut ini beberapa IDE yang pernah saya coba :
1. Notepad ++ (free)
2. NetBeans (free + Opensource )
3. Sublime (paid + recomended)
4. Adobe Dreamwaver (Paid)

Dari beberapa IDE diatas, saya rekomendasikan sublime. Alasannya? Nanti saya tulis artikel baru :D

2. Web Server
Untuk para programer yang berkecimpung di dunia web backend, pasti memerlukan webuah web server untuk mengcompile syntax web yang ditulis dalam bahasa PHP, ASP, JSP dan sebagainya. Saya merekomendasikan Apache Server untuk anda install di komputer anda sebagai web server.

3. Database Server
Nggak gereget kalau web dinamis nggak pake DATABASE. Anda bisa install mysql yang biasanya satu paket dengan apache jika anda install XAMPP, ataupun bisa menggunakan MS. ACCESS yang berbayar.


4. Images Editor
Bicara soal web, pasti tidak jauh dengan desain-mendesain. Selain menggunakan CSS, pasti kita perlu sebuah editor gambar untuk melengkapi dan memperindah desain web kita.

Sayangnya, untuk image editor kebanyakan masih berbayar. Berikut ini software image editor yang biasa dipakai :
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Illustrator
3. Corel Draw dan sebagainya.

5. Bug Detector
Untuk mengatasi error pada bahasa javascript, biasanya sangat sulit. Ini dikarenakan browser tidak memberikan respon apapun jika ada syntax javascript yang error. Untuk itu, diperlukan sebuah bug detector untuk mendeteksi syntax yang error. Anda bisa menggunakan Firebugs Addons untuk firefox

6. Browser
Web dibuka pakai apa? Ya browser laaahhh. Anda bisa memilih berbagai browser yang bergentayangan di dunia download. Boleh firefox, google chrome, apple safari, atau Internet Explorer biar lebih gereget. Pilihlah browser yang sudah mendukung HTML5 dan CSS3.

Optional

 1. Music Player
Percaya sama saya, ngoding lama-lama bisa bikin bete dan stress. Sebagai sarana hiburan, boleh lah sekali-sekali ngoding sambil dengerin musik favorite anda. Namun, berhati-hatilah dalam penggunaan headphone atau headset, seuaikanlah volume musik yang anda dengarkan agar tidak merusak pendengaran.

2. Kopi, Air, dan Cemilan
Namanya juga manusia, pasti merasakan lapar. Kalau lagi asik-asik ngoding terus kerasa lapar, daripada buang-buang waktu  buat makan dulu, anda bisa sedia makanan ringan di sebelah monitor anda. Tapi, berhati-hatilah dengan gelas kopi anda. Jangan sampai tersenggol, kemudian kopinya tumpah ke computer, erus computernya mati. Alhasil, udah susah-susah ngoding, data hilang semua :(

Oke sekian dulu ulasan saya tentang "Senjata Perang Para Web Developer". Silahkan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda.
Semoga bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga Nambah Penghasilan Via Adf.ly Yuk?

G+

2 Komentar untuk "Senjata Perang Para Web Developer"

Copyright Long Scripts © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM ,
Powered By Blogger
DMCA.com Protection Status
TopBlogIndonesia.com