Written By Apep Wahyudin on Friday 20 February 2015 | 17:03

Assalamu'alaikum saudara-saudara sekalian :D
Hari ini, saya sang admin yang sedang libur kuliah akan memberikan sedikit pengetahuan tentang OPEN SOURCE?
Sudah pernah dengar? Atau sudah tahu apa artinya?

Secara tata bahasa, open source berarti "sumber terbuka". Lah apa ini? Oke akan saya jelaskan. Open source adalah sebuah jenis software baik itu Aplikasi biasa, sistem operasi, IDE, atau software lainnya yang memberikan lisensi sebebas-bebasnya bagi pengguna dalam menjalankan software tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi, mendistribusikan, program asli maupun menjual program hasil modifikasi.
Open Source long scripts

Open source sendiri menitikberatkan pada kebebasan memodifikasi software tersebut. Kita bisa membuat sebuah produk kita sendiri dari software yang sudah ada. Apakah itu melanggar hak cipta? Tentu saja tidak. Sejak awal, para pembuat software open source memang membolehkan pengguna untuk memodifikasinya bahkan mengakui hak ciptany jika sudah dimodifikasi.

Terus, apa bedanya open source dengan software gratis? Bedanya, kalau software gratis bisa didownload secara bebas namun tidak bisa dikembangkan oleh orang lain, sedangkan open source bisa dimodifikasi, dilihat source codenya, dan pastinya gratis. Dapat disimpulkan, perangkat lunak sumber terbuka sudah pasti merupakan perangkat lunak gratis, namun sebaliknya perangkat lunak gratis belum tentu merupakan perangkat lunak sumber terbuka.
Baca juga Apa Itu CMS?
Apa saja contoh software open source? Ada banyak sekali software open source yang beredar di dunia, contohnya untuk kategori operating system, ada linux yang sudah mempunyai komunitas tersendiri di Indonesia.

Di kategori Web server, ada XAMPP, WAMP dan yang ainnya. Bahasa C mendominasi bahasa pemrograman yang bisa dikembangkan oleh semua orang. dan masih banyak lagi software open source yang bisa kita modifikasi termasuk CMS seperti Wordpress.

Intinya, open source itu prinsipnya seperti demokrasi. Dari Kita, Oleh Kita dan Untuk kita :D

Oke sekian dulu penjelasan saya tentang sebuah software bernama OPEN SOURCE. Untuk informasi lebih lanjut silahkan berkian komentar anda.

Terimakasih atas kunjungannya :D

G+

0 komentar:

Post a Comment

Copyright Long Scripts © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM ,
Powered By Blogger
DMCA.com Protection Status
TopBlogIndonesia.com